blog Details

blog

KEGIATAN PADA HARI SABTU 3 FEBRUARI 2024

Pada hari Sabtu tanggal 3 Februari 2024, Suasana SMA Negeri 1 Tembuku dipenuhi dengan keceriaan. Hari itu tidak hanya biasa-biasa saja, melainkan menjadi sebuah momen yang istimewa karena dirayakan sebagai Rahina Tumpek Wariga, yang jatuh pada saniscara Kliwon Wuku Wariga dalam penanggalan Bali. Di pagi hari yang cerah itu, para siswa dan guru berkumpul di Padmasana untuk melaksanakan persembahyangan bersama sebagai bagian dari upacara Rahina Tumpek Wariga.


Perayaan tumpek wariga dilakukan oleh umat hindu setiap enam bulan sekali, ( 210 hari ) yaitu setiap hari Saniscara Keliwon Wuku Wariga. Tumpek Wariga sering disebut Tumpek Pengatag, Tumpek Pengarah, atauTumpek Bubuh, tepat 25 hari sebelum Hari Raya Galungan.


Pemujaan pada Tumpek Uduh adalah persembahan kepada manifestasi Tuhan sebagai Dewa Sangkara penguasa Tumbuh-tumbuhan. Momentum ini sangat baik untuk manusia, begitu pentingnya tanaman dan alam dalam arti yang sangat luas, sehingga menjadi harmoni dalam kehidupan ini.


Lalu Sabtu cerah, dilanjutkan oleh Anak-anak PMR DosmaKu demi kelancaran DIKLAT PMR Wira Bangli. DosmaKu Jaya Jaya Jaya✨📚

Social Share :